Makin Aman dan Untung Transaksi dengan Mesin EDC untuk Bisnis

Banyak di antaranya pelaku bisnis saat ini yang mulai menerapkan transaksi secara cashless, tidak hanya transaksi tunai saja, sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan. Melainkan karena memang transaksi secara non tunai ini merupakan sebuah trend terbaru untuk masyarakat di zaman sekarang, Anda sendiri tentunya juga sudah menyadarinya bukan, bahkan rata-rata masyarakat saat ini lebih menyukai pembayaran non tunai karena dianggap praktis. Biasanya dengan mengandalkan mesin EDC maupun juga QRIS.

Makin Aman Dan Untung Transaksi Dengan Mesin EDC Untuk Bisnis


Cara Melakukan Pembayaran Dengan Mesin EDC

Pada dasarnya meskipun sudah menjadi trend atau kebiasaan untuk melakukan transaksi bagi masyarakat di zaman sekarang, namun juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak orang yang belum paham bagaimana caranya bertransaksi cashless memakai mesin tersebut, padahal mudah, berikut ini ada beberapa tips bagi Anda sehingga transaksi pembayaran yang dilakukan dengan memakai mesin EDC jadi lebih aman, yaitu:


1. Datang ke kasir untuk melakukan pembayaran, pastikan kasir sudah menghitung belanjaan Anda dan berapa jumlah yang harus dibayarkan, perhatikan pada bagian layar mengenai jumlah uang tagihan yang harus dibayarkan untuk berbelanja.

2. Berikan kartu debit maupun kartu kredit yang akan Anda pakai untuk melakukan pembayaran transaksi tersebut, pastikan pandangan Anda tidak terlepas dari kartu, sehingga bisa menghindari double swiping yang memungkinkan terjadinya pembayaran lebih dari jumlah yang sudah ditentukan.

3. Nantinya kasir akan meminta Anda untuk memasukkan PIN sebagai bahan konfirmasi, karena ketika kartu sudah sesuai maka bank akan mengonfirmasi dengan menggunakan PIN penerima tersebut, apakah sudah sesuai ataukah tidak. Hendaknya pada saat input PIN ini tutupi bagian mesin sehingga tidak ada yang melihatnya.

4. Jika seandainya transaksi yang Anda lakukan ditolak, maka jangan buru-buru panik, Anda dapat menghubungi pihak bank terlebih dahulu untuk melakukan konfirmasinya.

5. Pastikan setelah transaksi tersebut selesai maka Anda meminta struk belanja serta simpan kembali kartu yang digunakan untuk bertransaksi, sehingga tidak sampai ketinggalan.

Keuntungan Pakai Mesin EDC Untuk Bisnis

Bahkan sebenarnya untuk Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis, baik itu toko kecil-kecilan maupun gerai yang sudah lebih besar, sebenarnya pemakaian dari mesin EDC  ini sangat bermanfaat bagi usaha yang dijalankan tersebut, berikut ini berbagai keuntungan yang bisa dirasakan, yaitu:

1. Efisiensi dalam melakukan transaksi, nantinya transaksi keuangan berbasis cashless ini akan sangat membantu bagian kasir, dimana proses pembayaran akan jadi jauh lebih cepat dibandingkan dengan pembayaran secara tunai. Karena memang tidak perlu lagi menghitung uang, kemudian juga memberikan kembalian sampai mengecek keaslian uang yang diterima tersebut, inilah yang membuat pekerjaan menjadi jauh lebih efisien.

2. Keamanan yang lebih baik, bahkan jika seandainya melihat dari segi keamanannya, maka transaksi berbasis cashless sendiri sebenarnya juga jauh lebih unggul. Anda tidak perlu khawatir dengan adanya resiko penyebaran uang palsu yang bisa saja ditemukan dalam transaksi tunai. Begitu juga dengan fakta bahwa transaksi ini bisa dengan mudah dipantau, sehingga akan mengurangi resiko kecurangan yang dialami oleh owner toko.

3. Adanya pelacakan serta pencatatan otomatis yang akan membantu pembukuan, setiap transaksi yang masuk secara cashless atau non tunai ini, pada dasarnya memang langsung tercatat secara otomatis dan real time dalam aplikasi atau layanan yang sudah terhubung. Sehingga memungkinkan bagi Anda untuk bisa melacaknya secara lebih mudah, begitu juga dengan pencatatan yang dapat dilakukan secara otomatis dari bisnis tersebut.

4. Meningkatkan jangkauan ke lebih banyak konsumen, toko juga bisa makin ramai karena target market Anda sekarang ini bukan hanya kalangan yang melakukan transaksi secara cash atau tunai saja, melainkan juga orang-orang yang memilih transaksi cashless.

Jadi tidak perlu ragu lagi jika seandainya Anda ingin memilih untuk melakukan transaksi keuangan secara cashless untuk bisnis tersebut. Sewa mesin EDC  bisa gratis untuk para merchant BCA yang baru, Anda bisa daftar mudah lewat aplikasi Merchant BCA, aplikasi yang satu ini sudah tersedia di Google Playstore untuk pengguna Android, maupun di Appstore bagi pengguna iOS.

Posting Komentar untuk "Makin Aman dan Untung Transaksi dengan Mesin EDC untuk Bisnis"