Mudah dan Praktis, Ini 6 Tips Menjaga Kamar Bebas Debu

6 Tips Menjaga Kamar Bebas Debu


Bagi sebagian banyak orang, kamar tidur biasanya menjadi bagian favorit dari rumah. Tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, sering kali kamar juga digunakan sebagai tempat bekerja, belajar, dan bersantai setelah seharian beraktivitas. Agar kamar tidur selalu terasa nyaman untuk ditempati, menjaga kamar bebas dari debu sangatlah penting!
Kenapa Kamar Rentan Debu?

Debu bisa datang dari berbagai sumber. Debu bisa masuk saat kamu membuka jendela kamar, atau bisa juga muncul karena penggunaan AC di dalam ruangan. Ditambah lagi, debu itu tidak bisa hilang dengan sendirinya.

Jika keberadaan debu diabaikan dan debu dibiarkan terus menumpuk, hal ini bisa menyebabkan berbagai reaksi yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan, seperti bersin, hidung tersumbat, kulit gatal, mata iritasi, dan bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan sesak napas!

Berbagai masalah kesehatan ini akan mengganggu kenyamanan. Kamu jadi sulit untuk beristirahat, dan bahkan kesehatanmu bisa terancam! Oleh karena itu, dengan rutin membersihkan dan merawat kamar, kamu bisa mendapatkan kenyamanan tanpa gangguan apapun!

Bagaimana Cara Menjaga Kamar Bersih dan Bebas Debu?

1. Selalu Rapikan Tempat Tidur

Setelah bangun pagi, hal pertama yang harus dirapikan adalah tempat tidur. Kebersihan tempat tidur harus menjadi fokus utama, jika kamu ingin mendapatkan kamar yang bersih dan bebas debu.

Ini karena tempat tidur merupakan salah satu benda yang paling sering digunakan di kamar. Saking seringnya digunakan, tidak heran kalau tempat tidur rentan menjadi sarang debu dan kotoran. Agar kualitas tidurmu tidak terganggu karena kasur yang kotor, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tempat tidur tetap bersih dan bebas dari debu:

  • Cuci sprei, sarung bantal, selimut, dan guling setidaknya sekali seminggu.
  • Lakukan deep cleaning kasur dengan bantuan layanan profesional minimal dua kali setahun.
  • Jika dirasa perlu, gunakan protector untuk kasur, sarung bantal, dan guling untuk melindunginya dari tungau dan debu.
  • Bersihkan permukaan kasur dengan sapu lidi atau vacuum cleaner setiap hari.

Dijamin, dengan menjaga kebersihan tempat tidur, kamu bisa menikmati tidur yang lebih berkualitas tanpa gangguan debu!

2. Hindari Menyimpan Terlalu Banyak Barang di Kamar

Jika tidak ingin kamar mudah berdebu, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari menyimpan terlalu banyak barang di kamar. Dekorasi ataupun barang yang tidak perlu dapat membuat debu menempel di kamar lebih cepat, meskipun sudah dibersihkan berulang kali.

Jaga kebersihan dan kerapian kamar, dengan rutin melakukan declutter barang yang tidak perlu. Kamu bisa donasikan barang yang masih bagus tapi tidak lagi diperlukan, untuk menjaga dekorasi kamar minimalis.

3. Rutin Membersihkan Kamar dengan Kain Basah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa membersihkan kamar secara rutin adalah kebiasaan yang sangat baik untuk memastikan kamar bebas debu. Namun membersihkan kamar saja tanpa memperhatikan cara yang tepat tidak akan membawa perubahan signifikan.

Salah satu tips yang perlu diterapkan saat membersihkan kamar adalah menggunakan kain basah untuk mengelap furnitur atau barang-barang di dalam kamar. Menggunakan kain basah dapat mencegah debu tersebar ke tempat lain saat kamu membersihkan.

Untuk membersihkan barang di kamar, kamu bisa memulainya dengan membersihkan kain kering terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan kain basah untuk membersihkan sisa-sisa debu dan memastikan semuanya bersih tanpa ada debu yang tersisa.

4. Hindari Penggunaan Furnitur Beludru di Dalam Kamar

Kamu juga perlu menghindari penggunaan furniture yang berbahan kain beludru di dalam kamar, seperti sofa, karpet, atau gorden. Untuk gorden, coba untuk menggunakan yang mudah dibersihkan atau pilih yang tidak terlalu tebal agar debu tidak mudah menempel.

Jika memang terlanjur sudah menggunakannya, perlu diingat bahwa furnitur berbahan kain beludru ini akan memerlukan perhatian khusus dan pembersihan rutin. Karena kalau tidak, bisa-bisa malah menjadi tempat debu menumpuk!

Untuk menjaga kebersihannya, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner setidaknya dua kali seminggu untuk menyedot debu yang menempel pada furnitur berbahan kain.

5. Menggunakan Air Purifier

Menggunakan air purifier adalah salah satu cara efektif untuk membantu menjaga kamar tetap bebas dari debu dan partikel-partikel kecil yang mungkin berbahaya bagi kesehatan. Air purifier bekerja dengan cara menyaring udara di dalam ruangan melalui filter khusus, yang mampu menangkap partikel-partikel seperti debu, bulu hewan peliharaan, serta bakteri dan virus.

Air purifier biasanya dilengkapi dengan filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air) yang dapat menyaring partikel debu dengan ukuran sangat kecil. Filter ini sangat efektif dalam menangkap debu yang melayang di udara dan mengurangi jumlah debu yang beredar di dalam ruangan.
Serahkan Kebersihan Rumah Kepada Profesional

Langkah terakhir yang tidak kalah efektif adalah dengan menyerahkan perkara kebersihan rumah kepada penyedia jasa bersih rumah profesional.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menjaga kebersihan rumah secara rutin bisa menjadi tugas yang melelahkan, terutama jika kamu memiliki jadwal yang padat. Daripada harus meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan setiap sudut rumah termasuk kamar, kamu dapat menyerahkan tugas tersebut kepada para profesional.

Jasa kebersihan rumah profesional adalah solusi pembersihan yang menyeluruh dan efisien, termasuk pembersihan mendalam untuk area yang sulit dijangkau!

Dengan menerapkan tips ini, semoga kamu bisa menciptakan kamar yang lebih nyaman dan bebas debu. Ingat, pembersihan rutin tidak hanya akan membuat kamar tampak rapi, tetapi juga akan berdampak positif pada kesehatanmu, terutama bagi kamu yang memiliki alergi terhadap debu!

1 komentar untuk "Mudah dan Praktis, Ini 6 Tips Menjaga Kamar Bebas Debu"

  1. bener, beludru agak susah untuk pembersihannya. harus extra hati hati

    BalasHapus