7 Ceklist Persiapan Pernikahan

Persiapan pernikahan menjadi mudah jika disiapkan dengan matang. Ada kalanya persiapan pernikahan menjadi awal pemicu kesalahapahaman antar calon pengantin. Namun, jika komunikasi dilakukan dengan baik, maka hal tersebut dapat diminimalisir.


persiapan pernikahan

Persiapan pernikahan dapat kamu siapkan bersama keluarga atau calon pengantinmu. Aku sendiri dulu menyiapkan sendiri karena beda provinsi. Aku menyiapkan dokumen yang diperlukan, sedangkan suami menyiapkan seserahan. 


Agar persiapan pernikahan semakin mudah, sebaiknya kamu membuat daftar ceklist persiapan pernikahan. Berikut contoh daftar ceklist persiapan pernikahan yang dibutuhkan :


1. KUA dan Penghulu

Dokumen penting yang diperlukan untuk pernikahan segera disiapkan. Mulai dari KTP, KK, Foto, dll.  Koordinasikan dengan calon suami, jika berbeda domisili, maka diperlukan surat pengantar. Selain itu, siapkan biaya dan jadwal penghulu. 


2. Mahar

Mahar adalah hak perempuan. Namun, selayaknya calon suami bertanya mahar yang diinginkan dan menyediakan sebagai bentuk cinta. Mahar berasal dari hasil keringat calon suami sendiri. Walau, perempuan berhak menentukan maharnya, alangkah baiknya menyesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan calon suami.

 

persiapan pernikahan


3. Seserahan

Ini dapat disesuaikan dengan adat masing-masing. Apakah pihak keluarga pria yang menyiapkan atau pihak wanitanya. Seserahan juga dapat menyesuaikan budget dan kebutuhan. Biasanya, seserahan ini berisikan pakaian dari ujung kepala sampai ujung kak, perlengkapan rumah rumah tangga dan lainnya.


4. Tempat

Jika memungkinkan acara pernikahan dan resepsi pernikahan dilakukan di rumah dapat menekan biaya, meski agak repot dan perlu izin RT setempat. Namun, jika rumah tidak memadai, kamu dapat menyiapkan sewa gedung yang tidak terllau mahal dan memuat jumlah undangan yang kamu siapkan. Untuk itu, kamu harus booking tempat jauh-jauh hari dan siapkan juga biaya tambahan seperti untuk katering dan dekorasi.


5. Undangan

Mempersiapkan konsep undangan dapat menyesuaikan dana yang disiapkan. Kamu dapat memilih desain kartu undangan pernikahan simple. Baik dari internet atau dari koleksi undangan yang pernah kamu dapat. Di era digital ini, undangan digital juga perlu disiapkan. Mulai dari menentukan kata-kata undangan pernikahan unik, contohnya : “Pernikahan seperti mozaik yang kita buat dengan pasangan kita, jutaan momen kecil yang menjadi kisah cinta.” Atau “Menikah itu cinta yang diberkahi karena awalnya janji selanjutnya adalah ibadah dan penghujungnya insyaa allah ridho Illahi.”

Kamu juga dapat menyiapkan nama siapa saja yang akan diundang, baik dari pihak keluarga calon suami atau kerabat dari orang tua.

persiapan pernikahan


6. Dekorasi

Dekorasi yang tepat dapat menjadikan momen spesialmu manjadi sangat indah. Dekorasi dapat berkoordinasi dengan vendor dan fotografi. Hal ini dapat membantu kamu mempersiapkan dokumentasi yang indah. Beberapa 

ide dekorasi pernikahan dapat kamu cek dari internet sehingga memancing ide kreatifmu. Kamu dapat memilih design dekorasi untuk spot foto para tamu, memajang foto-foto prewedding, hiasan meja dan kursi saat akad nikah dan lainnya.


7. Souvenir

Menyiapkan souvenir ini cukup penting dalam persiapan pernikahan. Tujuan memberikan souvenir agar undangan mengingat momen pernikahanmu. Pastikan souvenir yang diberikan bermanfaat. Kamu dapat memilih souvenir sesuai budget yang tersedia. Sovenir dapat dipisah untuk undangan dari orang tua, teman atau VIP. Mengingat souvenir ini rawan hilang dan cepat habis, kamu dapat memilih orang yang amanah memberikan souvenir. Baik di meja pendaftaran atau pun meja dekat pengantin (usai bersalaman).


Nah, teman-teman, persiapan pernikahan akan lebih mudah jika kamu membuat daftar ceklist 7 daftar persiapan pernikahan di atas. Kebutuhan yang dicari dapat dibeli secara online di  ecommerce tokopedia. Mengingat belanja secara offline calon pengantin akan mudah capek, letih apalagi kalau lokasinya jauh. Akan terjadi macet dan antrian. Untuk itu, belanja secara online pilihan tepat.


Belanja di  ecommerce tokopedia seperti souvenir penikahan dan perlengkapan dekorasi pernikahan banyak pilihan dengan harga yang terjangkau. Dengan sekali klik dan di rumah saja, kamu dapat belanja kebutuhan pernikahanmu dengan mudah!


Untuk kebutuhan seserahan, kamu juga dapat membelinya di  ecommerce tokopedia. Mulai dari baju, sepatu, alat kosmetik, alat rumah tangga dan lainnya.

Kamu dapat memilih dengan mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Jadi, hemat tenaga deh! Nah, teman-teman itulah tips persiapan pernikahan ala aku, semoga membantu! 

22 komentar untuk "7 Ceklist Persiapan Pernikahan"

  1. banyak perintilan yang harus dipersiapkan ya, biar berjalan lancar juga ya.
    makasih kak tipsnya, bisa jadi inspirasi buat daku

    BalasHapus
  2. Thanks tipsnya. Selain 7 tips di atas ada juga nih yang paling penting kesiapan mental keduanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke penghulu ini daku dengar memang kudu gercep ya, karena biar gak bentrok dengan calon pengantin lain dan bisa duluan dapat tanggal sesuai harapan

      Hapus
  3. Ini jaman saya banget pas mau nikah mba. Tapi saya nanti mau cari besan yang punya prinsip sama seperti saya. Menikah adakan sederhana aja. Yg penting resmi dan lingkungan sekitar pak rt rw tetangga kanan kiri tau. Ga usah mewah2. Buka pengajian biasa. Mending uang pesta besarnya dijadikan mahar dan beli rumah buat anak2 tinggal. Sama honey moon yg romantis. Xixixi.. Soalnya dulu saya nikah nggak punya persiapan utk jalan2 honeymoon. Ga enak soalnya belah duren keluarga masih banyak di rumah. Hahaha

    BalasHapus
  4. Antusias sekali ini pasti ya calon pengantin dengan ceklist ini jadi ada panduan apa saja yang harus disiapkan dengan detail. Perlengkapan pernikahan enak skr bisa dibeli lewat ecommerce jadi bisa hemat waktu juga

    BalasHapus
  5. Super komplit banget ini ulasannya bisa jadi rekomendasi bagi calon mempelai yang sedang mempersiapkan wedding day nya, karena kalo lagi hectic sering bgt itin yang ke skip

    BalasHapus
  6. Suka banget deh kalau bahas persiapan pernikahan dengan pernak perniknya, meskipun agak banyak tapi kalau sesuai dengan apa yang kita mau happy jadinya ya. Pas banget nih tipsnya pasti berguna buat para calon pengantin

    BalasHapus
  7. Persiapan pernikahan yang kecil-kecil seperti souvernir kadang bikin pusing kalo ngga Nemu yang pas yang sesuai dengan yang diinginkan.

    BalasHapus
  8. Persiapan pernikahan yang kecil-kecil seperti souvernir kadang bikin pusing kalo ngga Nemu yang pas yang sesuai dengan yang diinginkan.

    BalasHapus
  9. Tempat/gedung tuh memang harus disiapkan dan dibooking jauh hari. Ada yang tempat doang, ada yang termasuk paket makannya. Jumlah tamu tuh, perlu juga diperhitungkan deh. Banyaaak banget deh list buat persiapan pernikahan. Tapi kalau dibikin cek list, lebih ringan sih jadinya.

    BalasHapus
  10. Wah harus bener2 dipersiapkan dnegan matang ya supaya pas hari H bisa berjalan hikmat dan lancar tanpa gangguan

    BalasHapus
  11. Menuju pernikahan emang banyak hal2 printilan yang mesti disiapkan yah kak, bener banget kalau gak bisa memicu pertengkaran nih buat calon mempelai, duh.. thanks tips nya kak, buat rekomen ponakan nih .

    BalasHapus
  12. Sekarang ya soal undangan tuh dah praktis banget. Bisa bikin secara digital dan mudah disebarkan tanpa ongkos. Hemat berbagai macam biaya. Apalagi kalau sudah bisa beberapa pilihan aplikasi design seperti Canva.

    BalasHapus
  13. Manteb abis deh udah dibantu sama Mbak Aisyah bikin check-list buat persiapan nikah. Hayooo yang mau nikah tahun ini saya doakan sukses semua yaaaaaaa

    BalasHapus
  14. Beberapa waktu lalu aku ditugasi kakak ipar ikut menyiapkan kebutuhan seserahan ponakan. Karena maunpraktis beberapa aku beli di ecommerce tokopedia. Mudah, praktis, hemat tenaga, waktu dan biaya. Apalagi di Jakarta tuh kemana-mana macet..mending pesan dan tunggu sambil rebahan nanti pesanan akan datang.

    BalasHapus
  15. Dulu aku gak siapin souvenir
    Tapi tanteku dari Jakarta yang bawain banyak banget
    Senang sekali di-support
    Meski ya begitulah ada saja yang komen negatif

    BalasHapus
  16. Hihihi jadi inget persiapan ke-4 anak saya
    Takut salah, saya gak mau ikut cawe-cawe
    Untung ada WO, sekarang acara sesederhana apa pun pakai WO
    Walau tentu saja harus check list untuk memantau kerja mereka

    BalasHapus
  17. Terkadang saya bikin seserahan untuk keluarga atau tetangga. For free tapi bahan beli sendiri atau nitip beli. Tentu saja beli di Toped andalannya

    BalasHapus
  18. Kalau di daerah rumahku, tidak ada souvenir sih kalau ke undangan nikahan. Jarang banget ada yang ngasih souvenir. Paling ya kue dan air gitu dah.

    Kalau dikasih souvenir kan lebih berkesan buat tamu ya.

    BalasHapus
  19. Jadi teringat zaman mempersiapkan pernikahan dulu. Padahal gak mau undang2 dan bikin pesta, ternyata gak bisa krn gimanapun punya ortu yang mau woro2 ke kolega haha.
    Akhirnya bikin persiapan tapi tetep dalam koridor sederhana gak bermewah2 krn menyadari hidup setelah pernikahan banyak banget yang dibutuhkan.
    Kalau ceklist di atas juga udah dasar banget ya, wajib ada hehe :D

    BalasHapus
  20. Secara garis besarnya seperti itu. Tapi, kalau mau acara di luar, biasanya cari tempat dulu. Apalagi gedung yang udha dikenal, minimal setahun sebelumnya udah mulai penuh.

    BalasHapus
  21. Setuju kalau persiapan pernikahan itu harus di siapkan jauh-jauh hari apalagi pernikahan adalah hari yang sakral diinginkan hanya sekali seumur hidup

    BalasHapus